Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas dari Korupsi. Melayani sepenuh hati, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, bersih dan melayani >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Inovasi Public Campaign Perkuat Layanan Publik, PTA Bengkulu Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Empat Instansi Sekaligus

 

berita 7921 3

Selasa, 07 September 2021, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menandatangani empat nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) sekaligus yaitu dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bengkulu, Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Bengkulu, dan Media Rakyat Bengkulu. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di ruang command center Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dengan menerapkan protokol kesehatan. Hadir pada acara ini Ketua, Wakil, Hakim Tinggi, Sekretaris, dan panitera PTA Bengkulu, Kepala kanwil kemenag beserta rombongan, Ketua MUI beserta rombongan, Area Manager BSI beserta rombongan serta General Manager Rakyat Bengkulu beserta rombongan.

Kerjasama dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu terkait isbat nikah terpadu, isbat wakaf terpadu, pernetapan isbat rukyat hilal, pengembangan IT, pengembangan bidang ekonomi Syariah, serta mediator non hakim. Kerjasama dengan BSI KC Bengkulu terkait sengketa ekonomi Syariah dan penggajian pegawai, dengan MUI Provinsi Bengkulu terkait pembangunan dan pengembangan hukum islam, serta bidang sumber daya manusia dan kajian-kajian ilmiah. Dan yang terakhir dengan Rakyat Bengkulu, kerjasama yang akan dilakukan adalah terkait pengembangan SDM berbentuk DDTK di bidang jurnalistik, akses berita, dan sosialisasi pelayanan publik.

Membuka acara, Ketua PTA Bengkulu menyampaikan maksud dari MoU ini adalah sesuai dengan slogan PTA yaitu saling kuekkan, saling hargoi, dan saling jago namo elok. Dengan adanya MoU ini, beliau menjanjikan akan menyiapkan kebutuhan keempat Lembaga/instansi yang hadir terkait dengan PTA Bengkulu, dan memohon bantuan agar PTA Bengkulu dan PA se-Wilayah PTA Bengkulu dapat terhindar dari KGSP (Korupsi, Gratifikasi, Suap, dan Pungli).

berita 7921 2

Menanggapi harapan Ketua PTA Bengkulu, secara umum seluruh pimpinan dari lembaga/instansi mengapresiasi MoU kali ini, dan mendukung pembangunan Zona Integritas di Wilayah PTA Bengkulu. Ketua Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan harapan besar pada MoU ini karena tugas dan fungsi PTA Bengkulu dan Kemenag sangat berkaitan dan saling menopang. Begitu pula dengan Area Manager BSI menyampaikan kesan baik beliau kepada peradilan agama yang tidak ada celah korupsi sedikitpun. Dengan adanya MoU ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui bahwa Peradilan Agama tidak hanya mengurusi terkait perceraian, seperti yang disampaikan oleh Ketua MUI dan GM Rakyat Bengkulu pada sambutannya.

“Kami siap mendukung dalam bentuk publikasi” Lanjut GM Rakyat Bengkulu.

Di akhir acara, ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari PTA Bengkulu ke seluruh pimpinan instansi/Lembaga yang hadir, serta penayangan official lyrics mars PTA Bengkulu dan short movie KGSP.

~